Wednesday, December 19, 2018

3 Cara Cerdas Menyikapi Konflik Dan Perseteruan Di Kantor

Jika dicermati, kehidupan di kantor sebetulnya tidak ubahnya sebagai sebuah medan pertempuran kecil. Dengan begitu banyaknya kepentingan dari masing-masing personil, sebuah silang pendapat, salah paham atau konflik sanggup setiap dikala terjadi.
Yang paling ringan, mungkin hanya saling mendiamkan.
Namun tidak mustahil, pecah menjadi sebuah perseteruan terbuka.

Dan ketika hal ibarat ini terjadi pada rekan kerja, seringkali seseorang merasa kesulitan untuk bersikap. Mau membela yang satu tidak enak, mau berpihak kepada yang satunya juga salah.
Sebab intinya mereka itu yaitu rekan kerja juga.

Karena itu biar tidak serba salah dan jangan hingga terkena imbasnya – terlebih kalau yang berseteru yaitu para atasan – maka harus pandai-pandai dalam bersikap.
Ibaratnya jangan sampai, “gajah bertarung sama gajah, pelanduk mati di tengah-tengah”.
Mereka yang berseteru tetapi justru anda yang menjadi korbannya.

Ketika menghadapi situasi yang ibarat ini cobalah terapkan 3 Cara Cerdas Menyikapi Perseteruan Di Kantor ibarat yang dibawah ini :

1. Tetap berusaha pada posisi netral

Ingatlah bahwa yang berseteru pada dasarnya, semuanya yaitu rekan kerja anda juga, terlebih kalau para atasan. Karena itu selalu berusahalah biar pada posisi yang netral, jangan memihak kepada siapa pun. Sehingga anda tidak terkena getahnya nantinya.
Berdiri di salah satu pihak akan selalu membawa dampak yang tidak lezat nantinya.

2. Jangan sekali-kali berambisi menjadi sang pendamai

Sebenarnya tidak salah dengan maksud anda. Sebab maksud anda sebetulnya sangat baik. Namun ketika mempunyai impian ibarat ini, posisi anda sangat rawan.
Terlebih kalau anda kurang tahu dan menguasai latar belakang perseteruan yang sedang terjadi.
Bisa jadi anda malah dituduh memihak dan ikut dimusuhi.
Terkecuali kalau kedua pihak yang berseteru memang mempercayai dan meminta anda untuk menjadi juru tenang untuk menuntaskan perseteruan mereka.

3. Jangan sok sanggup memberi solusi

Ketika rekan kerja berseteru, memang biasanya mereka akan curhat. Dan terkadang mereka juga minta solusi.
Hati-hati ketika menghadapi situasi ibarat ini.
Cara yang terbaik yaitu berikan komentar berupa pernyataan simpati terhadap persoalan yang dihadapi dan katakan bahwa anda tidak bermaksud untuk menjatuhkan siapapun.
Dan ketika mereka minta “nasehat”, sebaiknya jangan sok sanggup memberi solusi.
Namun sebaiknya cobalah membuatkan dongeng ihwal pengalaman Anda dikala berhadapan dengan persoalan yang hampir serupa.
Dan biarkan rekan kerja anda tetapkan dan menuntaskan semua itu sendiri, sebagai belahan dari proses belajarnya!

Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :

Sumber http://anekacarapraktis.blogspot.com

Artikel Terkait

3 Cara Cerdas Menyikapi Konflik Dan Perseteruan Di Kantor
4/ 5
Oleh