Thursday, December 20, 2018

Manfaat Lain Baterai Laptop Bekas Dapat Untuk Nyalakan Lampu Penerangan

Beda dengan desktop computer, sebagai computer portable, Laptop dan sejenisnya selalu dilengkapi dengan pencatu daya tersendiri berupa baterai, yang biasanya diletakkan pada pecahan bawah belakang body laptop. Dengan adanya baterai inilah, maka laptop atau perangkat homogen sanggup dipakai meski tidak terhubung dengan arus listrik PLN.

Namun sebagaimana perkakas elektronik lainnya, baterai laptop juga mempunyai umur pakai tertentu. Terlebih bila penggunanya sembrono dalam memperlakukan perangkat elektroniknya.
Terlalu usang dalam me-recharge atau alasannya ialah memang voltase listrik yang tidak stabil misalnya, akan memperpendek masa pakai baterai laptop.

Dan dikala hal ini terjadi maka baterai laptop sanggup berkurang catu dayanya atau malah “habis” sama sekali. Sehingga baterai laptop biasanya dibuang, ganti baru.
Sebab untuk merepair baterai laptop ini cukup susah dan kalaupun bisa, harganya hampir sebanding dengan bila membeli baterai laptop baru.

Tapi baterai laptop yang telah rusak atau disangka telah habis ini, ternyata masih ada manfaatnya.
Untuk apa ?


Pada sebuah uji coba yang dilakukan oleh para peneliti di sebuah pemukiman kumuh di kota Bangalore, India tahun 2014 lalu, didapati baterai-baterai laptop yang disangka telah rusak dan dibuang ini ternyata masih sanggup dipakai untuk menyalakan lampu led untuk menerangi pemukiman.

Pada uji coba tersebut, para peneliti menyatakan bahwa baterai laptop usang ternyata masih mempunyai daya yang cukup untuk menerangi rumah di permukiman kumuh.

Pada penilitian yang dilakukan dari IBM tersebut menganalisa sampel-sampel baterai laptop yang dibuang. Dan ternyata 70% dari baterai laptop tersebut di antaranya masih mempunyai daya yang cukup untuk menghidupkan lampu LED, lebih dari empat jam sehari selama satu tahun.

Atas hasil uji coba tersebut para peneliti menyampaikan bahwa memakai baterai laptop yang dibuang ternyata lebih murah bila dibandingkan dengan memakai pilihan-pilihan lainnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh tim riset IBM India ini, nantinya akan dibahas pada konferensi di San Jose, California, berdasarkan Technology Review dari Massachusetts Institute of Technology.

Para peneliti sendiri sedang menargetkan untuk sanggup membantu sekitar 400 juta orang di India yang tidak sanggup mendapat terusan listrik. Uji coba yang dilakukan oleh para peneliti ini, sebanrnya telah cukup terkenal di kalangan pedagang kaki lima yang tidak tersambung dengan listrik, dan juga di kalangan keluarga miskin yang tinggal di permukiman kumuh.
Mereka memakai baterai laptop usang untuk mengatasi problem keterbatasan penerangan.

Disamping sanggup dipakai untuk penerangan, dengan memanfaatkan kembali baterai-baterai laptop bekas ini juga sanggup membantu menangani – setidaknya mengurangi - problem sampah elektrik.

Sebab sebagaimana diketahui, sampah elektronik termasuk limbah yang cukup berbahaya bagi lingkungan.
Karena kebanyakan mengandung materi yang termasuk kategori materi beracun dan berbahaya atau limbah B3.
Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :
> Cara mudah identifikasi limbah B3

Sumber http://anekacarapraktis.blogspot.com

Artikel Terkait

Manfaat Lain Baterai Laptop Bekas Dapat Untuk Nyalakan Lampu Penerangan
4/ 5
Oleh