Friday, December 21, 2018

Menakjubkan Atau Menjijikkan ? Bus Ini Memakai Materi Bakar Kotoran Manusia

Anggapan umum masyarakat Indonesia, kotoran insan atau tinja merupakan benda yang najis dan menjijikkan. Sehingga hingga ketika ini sangat jarang untuk dimanfaatkan.
Pemanfaatan kotoran insan yang masih mungkin dilakukan di Indonesia pada ketika ini yakni untuk dipakai dan diolah memakai teknik peruraian sedemikian rupa – biasanya dengan proses an aerobik - sehingga terbentuk suatu gas yang bisa dipakai sebagai materi bakar.

Namun, meskipun teknologi ini sangat memungkinkan untuk dilakukan secara massal, nyatanya masyarakat Indonesia masih ‘ogah’ memakai gas dari hasil olahan kotoran manusia.
Sepertinya masih ada perasaan “tidak hingga hati ”, atau jijik.
Jika memakai gas yang berasal dari kotoran sapi, mungkin masih ada beberapa lapisan masyarakat yang menggunakannya.

Tetapi, lain ladang lain belalang. lain di Indonesia, lain pula di inggris.

Di Inggris, kotoran insan telah dimanfaatkan untuk kepentingan umum sebagai materi bakar bus. Selain kotoran manusia, bus umum tersebut juga memanfaatkan sampah makanan.Karena memanfaatkan materi ( buangan ) organik, bus umum di Inggris ini disebut dengan Bio Bus.

Dengan kapasitas tempat duduk 40 kursi, pada ketika pertama kali beroperasi Bio Bus melayani rute antara Bristol dan Bath.
Pada rute tersebut, Bio bus mengangkut orang-orang dari Bandara Bristol dan sentra kota Bath.
Tidak disebutkan berapa penumpang harus membayar ongkos karcis untuk menempuh rute tersebut. Menurut catatan yang ada, layanan angkutan umum dari bandara ke Bath, setiap bulannya bisa mengangkut sebanyak 10.000 penumpang.

Bus berbahan bakar kotoran insan ini sendiri dioperasikan oleh sebuah perusahaan yang berjulukan Perusahaan Bath Bus.

Dalam operasionalnya, angkutan umum yang bisa dikatakan sebagai “Bus ramah lingkungan ini” bisa menempuh jarak sejauh 300 kilometer dengan satu tanki gas hasil olahan kotoran manusia.
Yang bila dihitung secara matematis, untuk menghasilkan satu tanki gas materi bakar Bus Bio ini diperlukan kotoran insan yang dikeluarkan oleh lima orang selama satu tahun.
Namun tidak disebutkan, bagaimana bus harus mengisi ulang materi bakar gas dari kotoran insan ini, bila seandainya suatu ketika kehabisan materi bakar di tengah perjalanan.

Dengan salah satu teknologi yang sudah dikenal luas, memanfaatkan aksi-reaksi kuman an aerobic tertentu, kotoran manusia, sampah masakan dan atau sampah organik lainnya memang sanggup diubah menjadi gas Bio Methana yang bisa dipakai sebagai materi bakar.
Untuk memenuhi kebutuhan Gas Biometana dari bus ramah lingkungan ini sendiri diambil dari sebuah pengolahan limbah Bristol, yang dijalankan oleh GENeco, anak perusahaan dari Wessex Air.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Manajer GENeco Mohammed Saddiq, menyampaikan : "kendaraan bertenaga gas mempunyai tugas penting dalam meningkatkan kualitas udara di kota-kota Inggris."
"Namun Bio-Bus lebih dari sekedar itu dan benar-benar didukung oleh orang-orang yang tinggal di kawasan setempat, termasuk sangat mungkin orang-orang di bus itu sendiri."

Pabrik Pengolahan limbah Bristol sendiri bisa mengolah 75 juta meter kubik limbah kotoran dan 35.000 ton limbah masakan setiap tahunnya.
Dan dari jumlah limbah tersebut sanggup dihasilkan 17 juta meter kubik Biometana, yang cukup untuk mensuplay tenaga listrik pada 8.300 rumah.
Yang ini juga tidak kalah uniknya :

Sumber http://anekacarapraktis.blogspot.com

Artikel Terkait

Menakjubkan Atau Menjijikkan ? Bus Ini Memakai Materi Bakar Kotoran Manusia
4/ 5
Oleh