Saturday, December 15, 2018

Bahaya Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan, Dapat Sebabkan Kebutaan

Sebuah teknologi selalu bagaikan sekeping mata uang logam. Selalu ada sisi positifnya, dan ada juga sisi negatifnya. Dalam hal ini termasuk juga ponsel cendekia atau smartphone.
Tentang sisi positif dari smartphone, tentu sudah tidak perlu dibahas lagi, Karena semua orang telah mengetahuinya. Begitu besar kegunaan dan manfaat smartphone dalam kegiatan insan sehari. Dengan smartphone – istilahnya – “manusia sanggup melaksanakan semuanya, hanya dalam sesaat”.
Karena itulah smartphone kemudian menjadi salah satu piranti teknologi yang paling digemari di dunia.

Namun alasannya ialah hal itu pula, beberapa orang menjadi “kecanduan” untuk selalu memakai smartphone secara berlebihan. Padahal smartphone juga ada segi negatifnya.

Beberapa waktu lalu, penelitian dari para andal menyatakan bahwa sinyal dari smartphone diduga kuat sebagai penyebab timbulnya kanker.

Penyelidikan lainnya menyatakan bahwa ponsel sanggup besar lengan berkuasa pada kondisi kesehatan sperma pria. Dapat dilihat disini :

Dan tampaknya daftar sisi negatif dari penggunaan ponsel atau smartphone akan bertambah panjang lagi.

Baru-baru ini para dokter mata menyatakan bahwa orang yang kecanduan memakai smartphone akan terancam resiko kerusakan mata.

Dan pada tahapan tertentu, yaitu pada penggunaan yang hiperbola bahkan akan sanggup mengakibatkan terjadinya kerusakan mata secara permanent, atau kebutaan.
Namun dalam hal ini bukan alasannya ialah penggunaan smartphone saja, melainkan pada penggunaan perangkat homogen lainnya, contohnya penggunaan komputer, tablet dan TV layar datar.

Pernyataan dokter mata tersebut diberikan sesudah melaksanakan survei pada 2.000 orang.
Pada penelitian yang dilakukan dinyatakan bahwa orang-orang yang berusia di bawah 25 tahun atau para cukup umur bahkan selalu mengecek ponsel mereka sebanyak 32 kali dalam setiap harinya !

Sebagaimana dilansir dari laman BBC Indonesia, Dokter mata Andy Hepworth menyampaikan bahwa, "Cahaya biru violet sangat berpotensi merusak dan meracuni belakang mata Anda. Makara dalam waktu tertentu, hal itu akan merusak mata Anda”.
"Ketika Anda melihat ke ponsel, cahaya yang terpancar ialah biru violet."

Dokter Hepworth juga menyampaikan bhawa uji coba telah dilakukan menemukan bahwa paparan berlebih terhadap cahaya biru violet akan berpotensi menimbulkan terjadinya gangguan degenerasi ofmacular yang mengakibatkan kebutaan.

"Meski kita tidak tahu apakah ada kaitan pribadi dengan gangguan mata, tapi bukti lab sangat kuat menyatakan bisa,"
"Penyebabnya ialah kombinasi dari tidak cukup berkedip dan melihat alat itu lebih akrab dari biasanya yang menciptakan mata bekerja keras”, tambah Dokter Hepworth lebih lanjut.

Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :

Sumber http://anekacarapraktis.blogspot.com

Artikel Terkait

Bahaya Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan, Dapat Sebabkan Kebutaan
4/ 5
Oleh